Contoh Proposal Usaha Lumpia khas Kota Semarang

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Makanan-makanan yang tersedia di pasaran saat ini sangat beraneka ragam dan harga
yang ditawarkan juga beraneka dari yang terjangkau oleh masyarakat hingga harga yang
tinggi. Banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simple dan efisien.
Contohnya dalam hal penyiapan makanan, cemilan dan hidangan. Biasanya mereka lebih
memilih untuk membeli makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan
waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Berbagai usaha makanan memang
bermunculan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Dalam suatu pemasaran
banyak sekali berbagai macam kuliner. Banyak aktivitas yang dijalani setiap orang
perharinya dengan aktivitas yang semakin padat membuat banyak orang membutuhkan
asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan – makanan
yang tersedia di pasaran memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut
kebanyakan terlalu mahal.
Maka dari itu kami mencoba menjual Lumpia sebagai salah satu makanan dengan rasa
yang enak, nikmat, dan juga lezat serta dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan
sistem menjual hasih produsi dari usaha rumah tangga dan kami mengambil keuntungan dari
itu.

2. Tujuan Usaha
Tujuan makalah ini adalah membantu pemasaran produk yang dapat dinikmati tanpa
harus mengeluarkan biaya yang mahal, yaitu lumpia yang dapat di konsumsi semua kalangan
dari berbagai lapisan masyarakat karena harganya cukup terjangkau. Serta  menjadikan
Lumpia menjadi makanan favorit dan makanan yang sehat untuk dikonsumsi dalam kondisi
dan waktu kapanpun serta acara-acara. Serta Menjadikan usaha “Lumpia” dikenal orang
secara luas dan menjadi trend makanan yang sehat.

3. Manfaat Usaha
Makalah ini dibuat agar bermanfaat untuk :
a. Membantu kami mengembangkan usaha yang sedang kami jalankan.
b. Membantu kami untuk berpikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang sedang
kami jalankan.
c. Membantu kami dalam pengembangan usaha kami seperti, penambahan modal dari
pihak lain.
d. Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan dan meyakinkan usaha yang sedang
kami jalankan kepada pihak lain.
e. Membuka lapangan kerja.
f. Mencapai keuntungan atau laba dan target penjualan.















BAB II
ANALISIS PELUANG USAHA
A. Analisis SWOT
Dalam program ini analisis peluang usaha yang dilakukan menggunakan analisis SWOT.
Adapun analisis SWOT yang dijelaskan sebagai berikut :
1. Strenght ( Kekuatan yang mendukung usaha) :
a. Jumlah bahan yang melimpah
b. Harga bahan baku yang murah serta modal mencukupi
c. Proses pengolahan yang mudah
d. Kemampuan membuat limpia
e. Menjual produk untuk semua kalangan msayarakat yang memiliki rasa bahan
yang hegienis
f. Lingkungan yang banyak masyarakat
g. Harga terjangkau, dari kalangan manapun bisa membeli
2. Weakness ( Kelemahan yang menghambat usaha ) :
a. Produk tidak tahan lama
b. Naiknya bahan sembako
c. Prokduknya mudah ditiru
d. Tidak punya tempat luas untuk membuka tokonya tersendiri
e. Modal untuk membuat tokonya tersendiri tidak cukup
f. Modal tenaga kerja yang cukup besar.
3. Opportunity ( Peluang dapat ditemukan ) :
a. Membuka toko tersendiri serta cabangnya
b. Dapat pesanan dari pelanggan
c. Omset penjualan selalu menaik
d. Dapat keuntungan yang baik atau naik/banyak
e. Hasil produksinya dapat tercapai
4. Threat ( Ancaman usaha ) :
a. Banyaknya pesaing yang menjual produk dengan yang harga lebih
b. Komplen pada konsumen
c. Harga barang yang selalu naik
d. Bahan tidak tahan lama

ANALISIS LINGKUNGAN
1. Pemasaran (Marketing Mix )
a. Product (Produk)
Produk yang dijual yaitu “Lumpia” yang merupakan makanan jajanan yang
digemari masyarakat dan untuk semua kalangan masyarakat yang memiliki rasa
dan bahan yang hegienis.
b. Price (Harga)
Untuk harga kami menjualnya sebesar Rp 2.500,- / buah. Sedangkan kami
mengambil dari produsen sebesar Rp 2.000,-/buah.
c. Promosion (Pemasaran)
Bisnis makanan adalah bisnis kepercayaan dan ”rasa”. Di awal usaha, kami
membuat promosi dengan menawarkan kepada setiap pengunjung pasar.
d. Place (Tempat/Distribusi)
Tempat yang dipilih untuk kegiatan bisnis yaitu di Jln Pasar Purwogondo (Di
samping stasiun Poncol, Semarang)






BAB III
PROSES PRODUKSI
Dalam hal ini walaupun kami mengambil lumpia dari produsen sudah dalam keadaan
siap konsumsi atau sudah dalam keadaan jadi tetapi kami juga sedikit mempelajari tentang
berbagai macam bahan, alat, serta proses produksi dari lumpia yang kami jajakan atau kami
jual. Dan gambaran produksinya adalah sebagai berikut :
1. Bahan
Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Lumpia adalah sebagai berikut :
400 lembar kulit lumpia
1 /4 Kg tepung terigu dan 150 ml air, dilarutkan untuk perekat
3 Kg Minyak
Untuk isi Lumpia :
3/4 Kg bawang putih, dihaluskan
1/4 Kg ebi sangrai, dihaluskan
2 1/2 Kg daging ayam, dicincang kasar
3 Kg telur ayam, dikocok lepas
8 Kg Rebung (Tunas bambu muda), diiris memanjang
1 botol makan kecap manis
300 gram garam halus
250 grammerica bubuk
200 gram gula pasir
¼ cabai
2. Alat
Alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan Lumpia adalah :
a. Wajan
b. Sutil
c. Saringan
d. Nampan
e. Baskom
f. Gelas
g. Mangkuk
h. Pisau
i. Sendok
j. Talenan
k. Kompor Gas
l. Tabung Gas 3kg
3. Cara Keja
Membuat isi :
a. Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan ebi sampai harum. Tambahkan udang dan
ayam. Aduk sampai berubah warna.
b. Sisihkan di pinggir wajan. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir.
c. Tambahkan rebung. aduk sampai layu.
d. Masukkan kecap manis, garam. merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai meresap.
• Ambil selembar kulit lumpia. Beri isi kemudian lipat dan gulung. Rekatkan dengan
larutan tepung terigu. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang.
• Sajikan Lumpia Semarang dengan penambahan cabai sebagai pelengkap.

ANALISIS KEUANGAN
A. Modal Usaha
Modal usaha diperoleh dari hasil patungan anggota kelompok (4 Orang @ Rp
45.000,-), sehingga di peroleh modal Rp 180.000,-.

Penentuan harga pokok produk
- Harga lumpia dari produsen 100 buah @Rp. 1.800,- : Rp 180.000,-
- Jumlah tenaga kerja 4 orang @Rp. 10.000,- : Rp 40.000,-
- BBM untuk 2 sepeda motor @Rp. 7.800,- : Rp. !5.600,-
- Jumlah modal yang diperlukan keseluruhan : Rp. 235.600’-

B. Penentuan Harga Jual
Harga pokok / modal usaha Lumpia adalah Rp.235.600,- laba yang kami harapkan
dari tiap buah sebesar Rp. 700,- sehingga harga jual Lumpia Jamur per buah Rp.
2.500,-.
C. Penjualan Minimal (BEP)
Total Biaya = Rp. 235.600,-
Harga Jual = Rp. 2.500,-
Penjualan Minimal = Rp. 235.600,- : Rp. 2.500,-
= 94,24 ( 95 buah )
Jadi penjualan minimal adalah sebanyak 95 buah agar kembali modal.
D. Perhitungan Laba Rugi
Pendapatan
Penjualan 100 @ Rp 2.500,00 Rp. 250.000,-
Pengeluaran
Biaya awal Rp. 180.000,-
Biaya Lain-lain Rp. 55.600,-
Jumlah Pengeluaran Rp. 235.600,-
Laba Bersih
Hasil Penjualan Rp. 250.000,-
Jumlah Pengeluaran Rp. 235.600,-
Laba Bersih Rp. 14.400,





BAB IV
SIMPULAN
Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa lumpia merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Dengan harga yang terjangkau,lumpia bisa dinikmati berbagai kalangan masyarakat.Rasanya yang enak meenjadikan lumpia menjadi salah satu makanan favorit yang merupakan makanan khas warga Semarang. Hal ini terbukti dengan banyaknya minat beli masyarakat terhadap lumpia yang kami jual.
Saran
1. Dalam mendirikan usaha sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang
dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik.
2. Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan, percaya diri, dan keuletan.
3. Seorang wirausaha haruslah selalu kreatif dan inofatif serta selalu mengikuti trend dan
selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
4. Semangat wirausaha harus selalu tertanam dalam diri kita.
5. Jangan mudah menyerah menghadapi berbagai hambatan dan masalah

Comments

  1. PT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI
    8. LS ( Laporan Surveyor )
    9. LS Alas kaki
    10. LS Garment
    11. LS Textile
    12. LS Electronik

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PT. Essence Indonesia (International Flavors & Fragrances